Home/News & Event/Program Safety PT Metindo Erasakti

Program Safety PT Metindo Erasakti

PT Metindo Erasakti menjalankan program Safety (Keselamatan & Kesehatan Kerja) sejak tahun 2008, tepatnya tanggal 1 September 2008 yang di tandai dengan di lakukannya Kick Off (menyematan helmet oleh direksi kepada perwakilan perkerja PT Metindo Erasakti).

Setelah melakukan kick off tahapan pertama agar program Safety (Keselamatan & Kesehatan Kerja) dapat di jalankan oleh semua pihak maka di laksanakan training tentang Safety (Safety Awareness) kepada semua karyawan dengan berbagai level dan jabatan.

Selanjutnya agar program Safety dapat berjalan sesuai sasaran dan berkesinambungan, PT Metindo Erasakti Memiki Safety Road Map to Zero Accident yang point-pointnya adalah sebagai berikut :

  1. Safety Awareness : di jalankan mulai tahun 2008 dan terus menerus di lakukan dari tahun ketahun yang aktifitasnya berupa training kepada karyawan lama dan karyawan baru.
  2. HIRADC/Identifikasi K3 : di jalankan mulai tahun 2009 oleh tiap-tiap Departemen dan di kelola oleh sekretariat Safety untuk mengetahui potensi bahaya apa saja yang ada di PT Metindo Erasakti dan selanjutnya di lakukan penanggulangan, agar potensi tersebut tidak menimbulkan kecelakaan dan sakit akibat kerja, yang terecord dalam daftar Identifikasi K3 di mana setiap tahun dan atau bila terjadi kecelakaan, terjadi perubahan proses, penambahan gedung dan mesin daftar identifikasi K3 di tinjau ulang.
  3. Patrol & Safety Map : di jalankan mulai tahun 2010 di mana aktifitasnya adalah melakukan inspeksi ke lini-lini proses/Departem untuk mengetahui apakah masih terdapat potensi bahaya baik itu terkait Unsafe codition ataupun Unsafe Action. Dan selanjutnya di masing-masig departemen terdapat Safety Board yang di gunakan sebagai sarana informasi dan kontrol terkait aktifitas Safety yang di jalankan ).
  4. Hyarihato & Small group Activity (SGA) : Di tahun 2011 dalam upaya meningkatkan kepedulian dan kepekaan terhadap safety, semua karyawan diwajibkan untuk melakukan duga bahaya/Hyarihato yang selanjutnya dari apa yang di dapat di lakukan penanggulangan oleh kelompok kecil karyawan (SGA) di departemen masing-masing.
  5. Completed Kaizen : Melakukan inovasi/improvement terkait aktifitas Safety agar lebih bisa di pahami, di jalankan dan bisa menjadi bagian atifitas yang harus di lakukan oleh setiap karyawan.
  6. Safety Culture Building : Menjadikan Safety sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari di kalangan karyawan
  7. Safety Maintenance : Menjaga dan memelihara aktifitas Safety agar di jalankan secara terus menerus dan konsisten dengan cara adanya genba oleh manageman & di lakukan manageman review.

Selain itu pada tahun 2010, untuk lebih melegalkan akatifitas Safety di PT Metindo Erasakti bekerja sama dengan konsultan dan badan sertifikasi, PT Metindo Erasakti resmi memiliki sistem yang mengelola tentang Safety dan di tahun tersebut PT Metindo Erasakti bersertifikat OHSAS 18001 : 2007.

Untuk lebih tercapainya target perusahaan terkait Safety, PT Metindo Erasakti memiliki kebijakan (Company Policy) Safety yang isinya : ” Mengelola Keselamatan & Kesehatan Kerja di lingkungan Perusahaan sebagai bagian dari bisnis untuk mencapai Zero Accident ”

Upaya lain yang di lakukan PT Metindo Erasakti dalam menjaga Keselamatan adalah dengan di bentuknya Team Penanggulangan Kondisi Darurat, yang setiap tahun kemampuannya di tingkatkan dan di evaluasi. Untuk memeriahkan dan meningkatkan kesadaran tentang Safety, setiap awal tahun PT Metindo Erasakti Memperingati Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional dengan melakukan kegiatan-kegiatan di antaranya :

  1. Lomba Poster K3
  2. Lomba Operator Forklift Terbaik
  3. Lomba Line Terbaik
  4. Safety Officer Terbaik
  5. Lomba Hyarihato/duga bahaya terbaik
  6. Lomba Cerdas Cermat K3

Adapun penghargaan-penghargaan yang pernah di raih PT Metindo Erasakti terkait Safety diantaranya :

  1. Safety Best Performance (Tahun 2012 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia/TMMIN )
  2. Safety Award (Tahun 2013 PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia/TMMIN )
  3. Penghargaan Kecelakaan Nihil (Periode Januari 2012 s/Desember 2013 & periode Januari 2014 s/d Desember 2016 Kementerian Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia)

Aktifitas – Aktifitas tersebut di jalankan dari tahun ketahun secara konsisten dan terus menerus  dengan sasaran :

  1. Safety menjadi bagian dari kehidupan karyawan/karyawati PT Metindo Erasakti (menjadi budaya)
  2. Proses/aktifitas kerja menjadi aman dan nyaman.
  3. Tidak terjadi kecelakaan dan timbulnya penyakit akibat kerja.

 

Kick Off Safety Program

Kick Off program Safety di tandai dengan Penyematan/pemasangan Helmet oleh Perwakilan Direksi.

 

Safety Road Map to Zero Accident

 

Program Safety yang secara rutin dilakukan adalah sebagai berikut :

Safety Awareness

 

Identifikasi K3

Review Identifikasi dengan departemen terkait

 

Patrol & Safety Map

 

Safety Board Departemen

 

Maintenance Activity

 

Develop Emergency team

Meeting 3 Bulan

Training Petugas Pemadam

Training Petugas P3K

 

Peringatan Hari K3 Nasional

Cerdas Cermat

Lomba Poster

Pemberian Penghargaan

 

Komitmen

Level Manager – Direksi

Level Operator – Supervisor