Category : Oto News

Home/Archive by Category" Oto News"

Indonesia Buka Keran IKM Otomotif Jepang Masuk

Indonesia Buka Keran IKM Otomotif Jepang Masuk
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi pejabat eselon I Kementerian Perindustrian melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi, Hideaki Ohmura beserta delegasi di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (21/8/2017.(Istimewa)

 

Jakarta, KompasOtomotif – Pemerintah terus buka keran bagi industri kecil dan menengah (IKM) otomotif Jepang untuk investasi ke dalam negeri. Kali ini, Jepang akan merealisasikan untuk mendirikan kantor perwakilan pemerintah Prefektur Aichi di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, tujuannya untuk memudahkan atau memfasilitasi para investor dari Aichi yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Melalui kantor representative itu, harapannya akan ada peningkatan investasi.

“Aichi dikenal sebagai pusat industri otomotif, di sana ada Toyota serta perusahaan spare part seperti Aisin dan Denso. Mereka akan mendorong business matching antara pelaku usaha kedua negara,” ujar Airlangga ucai melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi, Hideaki Ohmura beserta delegasinya di Kementerian Perindustrian dalam siaran resminya, Senin (21/8/2017).

Airlangga juga mendorong agar sektor industri kecil dan menengah (IKM) dari Aichi dapat berinvestasi di Indonesia.  Dirinya juga berharap investasi Jepang yang baru, akan menunjang industri yang sudah ada di Indonesia, seperti otomotif.

“Dari delegasi yang datang, mereka ada yang sudah investasi selama 16 tahun di Indonesia. Kemudian, perusahaan komponen Aisin hingga saat ini tenaga kerjanya sudah lima kali lebih besar. Jadi, mereka selalu ekspansi,” ucap Airlangga.

Ohmura menambahkan, pihaknya ingin agar pemerintah Indonesia aktif mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang semakin mendukung dan memudahkan pelaku industri, seperti percepatan pembangunan infrastruktur, keringanan perpajakan dan fasilitasi dari dunia perbankan.

“Aichi memiliki kekuatan industri kelas dunia yang didukung oleh industri manufaktur yang berkualitas, selain ekonomi dan budaya yang kuat,” tutur Ohmura.

Setelah merek-merek mobilnya berjaya, giliran perusahaan komponen serta cuku cadangnya yang akan masuk. Ini memang tampak positif dari sisi investasi, tapi bagaimana nasib ke depannya bagi pemain dalam negeri, yang menggantungkan diri pada industri otomotif, dan sampai saat ini belum juga mapan, tapi terus dipukul oleh pemain asing, tanpa proteksi.

Source : http://otomotif.kompas.com/read/2017/08/22/084200715/indonesia-buka-keran-ikm-otomotif-jepang-masuk

Continue Reading

Toyota Indonesia Pamer Ketangguhan di Kancah Balap Nasional

Toyota Indonesia Pamer Ketangguhan di Kancah Balap Nasional

Liputan6.com, Tangerang Selatan Toyota di Indonesia memang identik dengan sederet mobil penumpang yang dijual massal dan digunakan bersama keluarga. Namun di luar itu, Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Tanah Air juga turun langsung di dunia motor sport nasional, melalui Toyota Team Indonesia (TTI).

Toyota cukup aktif mengikuti berbagai kegiatan motorsport di Indonesia, untuk membuktikan produk Toyota saat ini, seperti di lintasan balap untuk slalom maupun touring.

Baca Juga

Menurut Executive General Manager PT (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, TTI telah ada sejak 1989, dan selama itu Toyota mengembangkan motorsport di Indonesia sekaligus terus berupaya memberikan ever better cars kepada masyarakat.

“Melalui inovasi teknologi, Toyota dapat menjadi solusi dalam memberikan excitement, fun dan safety dalam berkendara, termasuk dalam dunia balap,” ucap Soerjo saat ditemui wartawan akhir pekan lalu di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Di 2017, TTI optimis menghadapi berbagai ajang motorsport nasional dengan menghadirkan tim balap dengan formasi Anjasara Wahyu, Adrianza Yunial, Demas Agil, Alinka Hardianti, dan Haridarma Manoppo.

Beberapa mobil Toyota yang terjun di dunia balap antara lain Toyota Agya, Etios dan Yaris.

Adapun beberapa moment yang diikuti TTI antara lain ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017 yang juga merupakan kejuraan nasional touring untuk kelas Indonesia Touring Car Championship (ITTC) 1.600 MAX dengan menggunakan Toyota Yaris sebagai juara pertama dan sekaligus menempatkan TTI menjadi tim pemimpin klasemen.

Selain itu di ajang GT Radial Auto Gymkhana 2017 yang telah berlangsung selama tiga seri, para pembalap TTI yang menggunakan Toyota Agya dan Toyota Etios berhasil menempati posisi tiga besar.

Bahkan pada ajang Asia Auto Gymkhana Competition (AAGC) 2017 yang diikuti para peslalom tangguh dari berbagai negara Asia, para pembalap TTI yang menggunakan Toyota Agya dan tergabung dalam tim Indonesia untuk ajang tersebut, sukses merebut posisi pertama dan kedua sekaligus menempatkan tim Indonesia sebagai juara AAGC 2017.

Source : http://otomotif.liputan6.com/read/3065078/toyota-indonesia-pamer-ketangguhan-di-kancah-balap-nasional?HouseAds&campaign=GIIAS2017_Otomotif_STM

Continue Reading

Mitsubishi Jual 6.000 Mobil di GIIAS, Xpander Paling Banyak

Mitsubishi Jual 6.000 Mobil di GIIAS, Xpander Paling Banyak

Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com – Mitsubishi menangguk perhatian besar dari publik Indonesia dengan memanfaatkan pameran akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 untuk meluncurkan mobil baru, MPV Xpander.

Menurut data PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia, mereka membukukan angka pesanan kendaraan (SPK) 6.374 unit.

“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan dukungan masyarakat Indonesia dan rekan media massa yang luar biasa terhadap Mitsubishi Xpander dan lini produk kendaraan penumpang Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia,” kata Kyoya Kondo, President Director PT MMKSI.

Pencapaian tersebut melebihi target yang ditetapkan di awal pameran, yaitu 3.150 unit juga melampaui pencapaian SPK tahun lalu di pameran yang sama, yakni 1.917 unit.

Secara rinci, pesanan didominasi oleh model terbaru Mitsubishi Xpander sebanyak 5.281 unit, lalu ada Pajero Sport 871 unit, Mirage 85 unit, Outlander Sport 49 unit, Delica 7 unit dan Triton 81 unit.

Pencapaian angka pesanan ini terhitung hanya pesanan di ajang GIIAS 2017 periode 10-20 Agustus 2017.

“Pencapaian ini menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk terus meningkatkan layanan terbaik kepada konsumen sejalan dengan nilai dan slogan customer obsession dari Mitsubishi Motors Indonesia,” tambah Kyoya Kondo.

Source : https://www.otosia.com/berita/mitsubishi-jual-6000-mobil-di-giias-xpander-paling-banyak.html

Continue Reading